January 25, 2019


Ayam goreng ini lebih renyah daripada kebanyakan versi Amerika karena digoreng dua kali. Sajikan dengan kimchi dan soju untuk makan siang Korea otentik.
Bahan

8–10 potongan ayam (paha paling cocok), tanpa tulang, kulitnya dihilangkan

Untuk air garam

100g / 3½oz gula kastor
75g / 2½oz garam laut
200ml / 7fl oz air panas

Untuk lapisan pertama

2 sdm tepung terigu
1 sdm tepung jagung
1 sdt baking powder
1 sdt garam

Untuk adonan

125g / 4½oz tepung terigu
25g / 1oz tepung jagung
½ sdt garam
½ sdt baking powder
100ml / 3½ fl oz vodka

Untuk kecap manis

100ml / 3½fl kecap asin
25ml / 1fl oz mirin
25ml / 1fl oz cuka anggur beras
2cm / ¾dalam jahe segar, parut
2 siung bawang putih, parut
50g / 1¾oz gula merah
beberapa tetes minyak wijen
1 sdt tepung jagung
biji wijen, untuk taburan

Untuk sambal

2 sdm sambal Korea (gochujang jika Anda bisa mendapatkannya)
1 sdm saus pedas
1 sdt cuka anggur beras
1 sdm madu
beberapa tetes minyak wijen

metode

Mulailah dengan mengasinkan ayam. Larutkan gula dan garam dalam air panas, lalu campur 1 liter / 1 liter air dingin ke dalam larutan air garam. Rendam ayam dan biarkan berdiri, tertutup, selama 2 jam. Sementara itu, buat sausnya.

Untuk kecap manis, masukkan kedelai, mirin, cuka anggur beras, jahe, bawang putih, dan gula ke dalam panci. Aduk dengan api kecil sampai gula larut dan didihkan selama 2 menit. Cicipi bumbu dan tambahkan sedikit garam jika perlu. Tambahkan minyak wijen secukupnya. Kocok tepung jagung dengan sedikit air dingin sampai Anda memiliki pasta yang halus tapi sangat berair, lalu kocok ini ke dalam saus dengan api kecil, sampai saus mengental sangat sedikit. Menyisihkan.

Untuk saus cabai, aduk semua bahan menjadi satu, menipiskan dengan sedikit air jika terlalu kental. Cicipi dan tambahkan garam jika perlu.

Untuk memasak ayam, tiriskan dan bilas ayam brined secara menyeluruh, lalu keringkan. Buat lapisan pertama (ini adalah lapisan adonan akan menempel, jika tidak cenderung jatuh) dengan mengocok tepung, tepung jagung, baking powder dan garam bersama-sama. Bersihkan ayam dalam campuran ini, tepuk-tepuk kelebihannya, dan biarkan berdiri saat Anda membuat adonan.

Untuk adonan, aduk bersama bahan kering, lalu aduk dalam 100ml / 3½ air dingin dan vodka – teksturnya harus cukup tipis, seperti krim ganda.

Tambahkan minyak ke penggorengan Anda, panci besar atau wajan, pastikan Anda tidak mengisinya setengah jalan. Panaskan minyak hingga 160C. (PERHATIAN: minyak panas bisa berbahaya. Jangan biarkan tanpa pengawasan.)

Celupkan potongan ayam ke dalam adonan satu per satu. Biarkan kelebihan menetes di atas mangkuk, lalu perlahan-lahan turun ke dalam minyak panas, lepaskan ketika potongan ayam hampir tenggelam. Goreng selama 8-10 menit, lalu tiriskan dan letakkan di atas kertas dapur – ayamnya harus matang tetapi hampir tidak berwarna. Putar panas hingga 190C, atau jika menggunakan panci, putar panas dan biarkan sekitar 5 menit untuk mencapai suhu yang tepat. Goreng ayam selama 2 menit, atau sampai gelap. Angkat dan tiriskan dengan hati-hati di atas kertas dapur. Itu harus renyah indah. Anda bisa menyajikannya dengan saus, atau Anda bisa menyikat saus berbasis kedelai di atasnya dan menyajikannya dengan saus cabai.

Tips resep

Jika Anda tidak memiliki termometer probe dan menggunakan panci, panaskan minyak dengan api sedang, lalu uji dengan sepotong roti – perlu waktu sekitar 30 detik untuk menghasilkan cokelat yang renyah – lebih cepat dan minyaknya adalah terlalu panas.

Jika Anda kekurangan waktu, Anda bisa melewati proses brining.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *